Rabu, 15 April 2015

[Review] Drama Korea : Bad Guys




Gue. Lagi. Ter-Bad Guys.

Serius. Semalem gue baru aja namatin nonton drama keluaran OCN : Bad Guys. Diantara seabrek
drama-drama baru (baik yang udah tamat maupun yang masih tayang) kaya Kill Me Heal Me, Hyde Jekyll and I, Hugo's Love, Sensory Couple, The Lovers, Blood dan lain-lain, gue belom nemu satu yang dapet chemistry-nya. Kemaren nyobain nonton SPY karena tertarik sama Kim Jae Joong dan ceritanya tentang mata-mata Korea Utara dan Korea Selatan gitu, tapi cuma kuat sampe episode 3. Soal jalan cerita dan tema dramanya sebenernya gue lumayan suka, yang bikin ilfil adalah Jae Joong-nya ketebelan make up! Hahaha. Eh tapi beneran. Buat gue cowok yang berprofesi sebagai mata-mata tapi bedaknya tebel dan bibirnya keliatan banget pake gincu itu sangat bikin males, cukup untuk bikin gue mandeg nerusin. No offense yah penggemar Jae Joong atau penyuka drama SPY :D Ini kan review yang sarat dengan obyektivitas dan perasaan pribadi, hehe.

Kembali ke Bad Guys.
Gue memutuskan untuk nonton Bad Guys awalnya berkat pengaruh seorang sahabat genkdrama yang udah lebih dulu nonton dan suka dengan drama-drama suspense keluaran OCN. Dia suka drama bergenre thriller, crime, mistery dan terutama yang banyak adegan berdarah-darahnya gitu lah! Dan gue jadi ikut penasaran kaya apa Bad Guys ini, ditambah gue lagi ngga terlalu berminat nonton drama lain yang tadi udah disebutin. Ternyata gaes, 15 menit pertama gue nonton drama ini gue langsung suka! Terutama jatuh cinta sama seorang tokoh yang digambarkan sebagai psikopat yang bernama Lee Jung Moon (diperankan oleh Park Hae Jin). Si Park Hae Jin ini pertama kali gue liat di My Love From Another Star, sebagai cowok yang naksir berat sama Song Yi (siapa lah namanya gue lupa) dan belom gue anggep kece. Di drama Bad Guys ini dia sukses bikin gue jatuh hati dengan tokoh psikopat yang dia perankan.

Bad Guys ini awalnya menceritakan tentang tingginya tingkat kriminalitas di kota Seoul. Polisi dianggap tidak mampu memecahkan kasus-kasus kriminal yang marak terjadi, khususnya kasus serial killer alias pembunuhan berantai. Di awal episode diceritakan mengenai kematian seorang detektif yang merupakan anak dari seorang Kepala Polisi (Komisaris Nam) yang mengenaskan ketika dia sedang bertugas menangkap tersangka pembunuhan berantai tersebut. Ketidakpercayaan masyarakat semakin meningkat terhadap polisi dan tingkat kejahatan pun semakin tinggi setiap harinya. Hal tersebut memicu dan melatarbelakangi keputusan Komisaris Nam untuk membuat Tim Investigasi Khusus secara diam-diam, yang tugasnya membantu memecahkan kasus-kasus kriminal yang tidak mampu ditangani oleh polisi. Terutama kasus pembunuhan berantai yang menyebabkan ia kehilangan anaknya.

Uniknya, tim khusus rahasia ini bukan seperti tim lain pada umumnya yang bisa disebut sebagai The Dream Team karena berisi (misalkan) detektif terkenal, jaksa pintar atau para jenius normal. Tim khusus ini lebih dapat dikategorikan sebagai The Nightmare Team, karena isinya seorang detektif temperamental yang terkenal dengan julukan "anjing gila" dan tiga orang kriminal berbahaya yang dianggap cerdas, kejam dan berdarah dingin. Haha... Inilah yang menarik perhatian gue. Penjahat disuruh menangkap penjahat, kaya jeruk makan jeruk *apasih*.

Sekarang mari kita berkenalan dengan The Nightmare Team favorit gue :

Oh Goo Tak (Kim Sang Joong)


Ini dia detektif sangar dan temperamental yang ngakunya ngga pernah pandang bulu dalam memberantas kejahatan dan menghukum para kriminal. Dialah Ketua Tim nyeleneh ini. Dia juga yang merekomendasikan dan memilih tiga anggota lainnya yang merupakan para terpidana kelas berat.

Oh Goo Tak ini mempunyai masa lalu yang menyedihkan karena kehilangan satu-satunya putri kesayangan yang menjadi korban pembunuhan berantai. Pelaku pembunuhan berantai tersebut telah ditangkap dan dikenai hukuman penjara seumur hidup. Ia juga dicap sebagai psikopat cerdas dan berdarah dingin, yang kemudian dipilih oleh Oh Goo Tak menjadi salah satu anggota The Nightmare Team ini. Hoho...quite interesting, huh?

Park Woong Chul (Ma Dong Seok)


Pria bertubuh tambun dan terlihat yang paling sangar diantara rekan se-tim lainnya merupakan seorang mafia yang berhasil menaklukan Seoul dua tahun lalu dalam waktu 25 hari. Satu hari satu area yang ditundukkannya. Ia terkenal dengan kemampuan bertarung dan kekuatan tinjunya. Woong Chul ditangkap dan dijatuhi hukuman 28 tahun penjara. Yang masih kebayang sama gue adalah tatapan separo ngantuk-nya si Woong Chul dalam drama ini. Tiap dia menatap sesuatu dengan matanya yang sayu dan setengah mabok, rasanya gue malah pengen nyuruh dia tidur. Hahahaha.

Jung Tae Soo (Jo Dong Hyuk)


Pria plontos yang jadi favorit dua orang temen gue yang udah nonton drama ini adalah seorang pembunuh bayaran profesional. Ia sangat cakap dan lihai dalam melaksanakan tugasnya. Dan tidak ada yang tahu juga bagaimana masa lalunya. Setelah melakukan satu pembunuhan ia menyerahkan diri begitu saja ke polisi dengan pakaian masih berlumuran darah, yang akhirnya membuat si botak ini diganjar hukuman penjara selama 22 tahun. Dia juga memendam perasaan bersalah dan (mungkin) perasaan cinta terhadap istri dari korban pembunuhannya yang terakhir.

Lee Jung Moon (Park Hae Jin)


Ini dia psikopat ganteng kesayangan gue, hehe. Lee Jung Moon ini mendapatkan hukuman penjara seumur hidup atas kejahatan pembunuhan berantai yang dituduhkan padanya. Kasusnya sendiri dikenal dengan nama Kasus Pembunuhan Berantai Hwa Yin Dong. Lee Jung Moon tercatat mempunyai IQ 165 saat berusia 12 tahun dan merupakan anggota termuda dari organisasi Mensa Internasional (perkumpulan orang-orang jenius) dan peraih gelar doktor termuda dalam bidang matematika di Korea. Dan yang paling keren menakutkan diantara semua julukannya adalah : pembunuh berantai termuda. 

Ya, Lee Jung Moon inilah yang dituduh menjadi pelaku pembunuhan yang menewaskan banyak perempuan, termasuk anak perempuan satu-satunya Oh Goo Tak. Meskipun begitu, ia dijebloskan ke penjara tanpa didukung bukti-bukti yang kuat, karena semua pembunuhannya tidak meninggalkan jejak apapun di TKP yang mengindikasikan bahwa dialah pelakunya. Hanya saja si Lee Jung Moon ini terekam selalu berada di TKP pada saat pembunuhan-pembunuhan itu terjadi. Selain itu, sisanya bener-bener rapi dan profesional. Ngga ada sidik jari, DNA, rambut atau apapun. Cuma mayat. Dan untuk setiap pembunuhan yang dituduhkan pada si Jung Moon ini dia mengaku sama sekali tidak ingat. Pengakuan yang bikin polisi frustasi dan membuat Jung Moon ngga memiliki perasaan bersalah. Khas psikopat.

Tapi kemudian dia dapat ditangkap dan dihukum penjara seumur hidup berkat kesaksian salah seorang korbannya yang masih hidup yang merupakan pacarnya sendiri. Ouch. Oh iya, Lee Jung Moon ini dijuluki psikopat bukan hanya karena pembunuhan berantai yang dituduhkan dilakukan olehnya, tapi juga karena dalam sebuah tes kejiwaan dimana skor yang dia dapat adalah 38, dari skor tertinggi 40 untuk kategori psikopat. Whoah... daebak!

Selain keempat personel Tim Investigasi Khusus tadi, ada juga seorang Inspektur cantik bernama Mi Young yang bertugas membantu sekaligus mengawasi sepak terjang para anggota tim absurd tadi. Mi Young adalah sosok polisi yang cerdas dan ambisius yang sangat membenci semua member dalam tim tersebut, dia malah menyebut mereka sebagai sekumpulan binatang. Tapi dia ngga bisa menolak tugasnya karena ditunjuk dan diminta langsung oleh Komisaris Nam yang merupakan atasan sekaligus mentornya.

Alasan yang diungkapkan Oh Goo Tak untuk merekrut penjahat-penjahat tadi adalah karena dia membutuhkan kekuatan Park Woong Chul, keahlian Jung Tae Soo dan kepandaian Lee Jung Moon. Menurut Oh Goo Tak jika dia memiliki tiga kekuatan itu dalam timnya, maka tidak akan ada penjahat yang dapat lolos. Dia juga menjanjikan iming-iming hadiah berupa pengurangan hukuman penjara bagi ketiga penjahat tadi sebagai imbalan jika kasus kriminal yang mereka tangani dapat diselesaikan.

Satu persatu kasus memang akhirnya mereka selesaikan, dan membuat para penjahat itu mendapatkan bonus berupa pengurangan masa hukuman mereka. Biarpun mereka masih tetap harus kembali ke penjara sampai ada panggilan untuk mengungkapkan kasus berikutnya. Fokus utama dalam drama ini adalah kejahatan atau pembunuhan berantai. Meski begitu pelakunya beda-beda begitu juga motifnya. Pembunuhan berantai karena pelakunya psikopat yang gemar mengoleksi darah korban (eewww, nasty!), pembunuhan dengan motif perdagangan organ tubuh manusia, pembunuhan acak yang ternyata merupakan kamuflase dari pembunuhan terencana.

Disetiap kasus-kasus pembunuhan tersebut, kita bakalan disuguhi fakta-fakta baru yang terungkap dan ternyata memiliki keterkaitan satu sama lain. Salah satunya adalah perencanaan pembunuhan Lee Jung Moon oleh seseorang yang digambarkan mempunyai kedudukan penting yang tinggi. Orang ini berniat menyewa Woong Chul dan Tae Soo untuk menyingkirkan Jung Moon. Dan jika mereka berdua menolak maka mereka harus mati. Orang-orang yang terlibat dalam plot rencana pembunuhan Jung Moon pun satu persatu mati tanpa terungkap siapa dalang dibalik rencana tersebut dan apa tujuannya. Tokoh baru pun bermunculan, salah satunya Jaksa Penuntut Oh Jae Won yang kekeuh berusaha bergabung dalam tim dan lambat laun kehadirannya malah merongrong anggota tim dan membuat kita mempunyai spekulasi baru. Apa tujuan si Jaksa itu sebenernya dan peranan penting apa yang dia miliki dalam setiap peristiwa yang terjadi.

Twist dan plot ceritanya emang bikin kita nebak-nebak sih. Bikin penasaran banget dan juga membangun perasaan curiga yang berlebihan terhadap tokoh-tokoh dalam drama ini (kalo dalam kasus gue sih). Dan diantara perasaan ngenes karena tokoh favorit gue Lee Jung Moon selalu terancam nyawanya dan sering berakhir dengan ditusuk oleh orang,  sekaligus  desperate banget pengen tau misteri apa dibalik setiap peristiwa yang saling terkait dalam drama ini, terselip juga keinginan untuk memelototi lalu menendang bok**g dua sohib genkdrama yang selalu berusaha kasih bocoran spoiler drama ini! -_-" Susah banget gue pengen nonton dengan tenang, selalu aja ada jempol-jempol mereka yang gatel kasih komen-komen spoiler.

Tapi diantara fakta-fakta baru yang terungkap, plot yang semakin menegangkan, selubung misteri yang perahan-lahan tersibak (Tsahhh!), ada juga adegan kocak dan adegan yang menyentuh hati. Salah satu adegan yang bikin gue ketawa adalah waktu di episode 1 dimana Goo Tak, Tae Soo dan Woong Chul lagi nunggu bergabungnya Jung Moon dalam "kawanan anjing gila". Si Woong Chul asyik menceritakan tentang Jung Moon yang tiba-tiba terjatuh dihadapan dia dengan istilah dongeng "bagai Jack dan Pohon Tauge" dan diralat oleh Tae Soo "Jack dan Pohon Kacang". Dan si Woong Chul ini kekeuh dengan perasaan dia kalo dongeng itu berjudul "Jack dan Pohon Tauge". LOL. Jadi pengen gantung Woong Chul di pohon toge deeh.

Sisi menyentuh perasaan di drama ini banyak loh. Tapi yang bikin gue nangis mah ketika Oh Goo Tak mendapati anaknya (waktu masih hidup) babak belur gara-gara dipaksa melayani pria hidung belang karena tertipu selebaran cara mendapat uang banyak dengan mudah. Iya, Oh Goo Tak ini polisi jujur, jadi dia miskin. Ketika anaknya yang berbakat main piano pengen sekolah di luar negeri dan dia ngga mampu membiayai, akhirnya memicu tindakan nekat anak tersebut. Dalam adegan si Oh Goo Tak memukuli si pria hidung belang dengan membabi buta sambil menangis dan meratapi kenapa hidupnya menyedihkan karena kemiskinannya, disitu gue juga merasa sangat terenyuh banget. Puk-puk ahjussi....

Drama ini, meskipun berlumuran darah dan dihiasi dengan pertempuran demi pertempuran, dan pembunuhan demi pembunuhan, tapi banyak hal yang bisa kita ambil hikmahnya. Soal harapan, kepercayaan, kejujuran, kesetiaan dan soal hak asasi manusia juga. Dalam drama ini kita seperti diajari bahwa manusia sebagaimana bejad dan brengseknya tetep aja manusia. Jika kita memperlakukan mereka seperti binatang (meskipun mungkin mereka layak diperlakukan seperti itu) lalu apa yang membedakan kita dengan mereka?

Juga, pandangan kita terhadap sesuatu yang terlihat tanpa tau atau tanpa mau tau kenyataan apa dibaliknya, membuat kita terjebak dalam plot dan drama yang kita ciptakan sendiri. Segala sesuatu itu tidak selalu terlihat seperti apa yang kita lihat. Mereka yang dituduh "jahat" dan "psycho" tidak selalu seperti apa yang dituduhkan loh. Selalu ada alasan dibalik setiap perbuatan.

Chemistry nya dapet banget ga sih ini couple? *eh*

Oh iya yang menurut gue keren, di drama ini banyak banget bahasa-bahasa perumpamaan dan quotes yang digunakan dalam percakapan mereka. Beberapa quotes mereka sempet gue catet sih (niat banget), meskipun ngga semuanya karena gue lupa di episode berapa aja para "bajingan" itu nyeletuk sesuatu yang berguna. Haha.
"Menghajar orang baik adalah kejahatan. Tapi menghajar bajingan adalah keadilan" - Komisaris Nam
"Bencilah kejahatannya, jangan orangnya" - Jung Tae Soo
"Hiduplah dalam terang, jangan mati dalam kegelapan" - Le Jung Moon
"Jangan bersikap kau lebih suci dari yang lainnya disaat kau merendahkan orang lain" - Oh Goo Tak
Dan quote terfavorite gue mah yang ini :
"Berdosa adalah urusan manusia. Tapi membenarkan dosa adalah pekerjaan iblis" - Tolstoy (Sastrawan dunia)
Tapi tau ngga? Diantara semua adegan berdarah-darah dalam Bad Guys, ada satu adegan yang bikin gue melted dan deg-degan kaya abis liat kissing scene loh... Itu adalah adegan dimana si Psikopat ganteng kesayangan, Lee Jung Moon, berdiri disebuah gang kecil dan gelap tiba-tiba menoleh dan berkata "Aku membunuh mereka. Semuanya. Aku membunuh mereka semua." lalu tersenyum psycho (dan menurut gue itu manis banget...!) -_-"

Ini baru yang namanya Killing Smile
Lalu dengan ini, gue sukses ter-bad guys! Dan senyum yang mampu mengalihkan duniaku adalah senyum seorang psikopat. -_-

26 komentar:

  1. mak kyknya quote favorit lo seriing kita lakuin deh di percakapan WA hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa gk ada lead female nya di drama ini?? isinya pedang semua...

      Hapus
    2. Hihihi...masa sih Tary? Kita iblis gitu maksudny? :D
      Aah drama ini ga butuh female lead! :D pedang semua juga oke... tonton mak!

      Hapus
  2. Nah, terbukti kan, yang suka drama2 OCN tuh makhluk2 cantik nan menggemaskan. Utie, welcome to the club! *jerumusin Utie makin dalem*
    Reviewnya bagus banget ih, daebak \(^O^)/
    Iya, sedih banget tuh yang bagian flashback Oh Goo Tak..
    Gemez ih kalo baca review nggak ada spoilerannya! Apa perlu gue kasih, nih? Hmmmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dell..mahluk cantik nan menggemaskan dan penggemar psikopat, pecinta adegan berdarah-darah. Hahaha.. :))))
      Gomawooo dibilang bagus *tersipu2 sambil mainin alat penyetrum*
      Sengaja keleus gue menghindari ditimpuk sama spoiler hater. -_-"

      Hapus
  3. Aku belum lihat SPY, tapi aku memang kurang suka sama Jae Joong mbak. Kalo nyanyinya kan kelihatan dia over make up gitu. gak natural :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. iya di drama ini aduuhh itu bedak tebel bangettt... sama bibir merah merona gitu kaya pake listip yg lagi kekinian itu loh. Warna cabe. Dan sebagai mata2 dia kurang "laki"
      -_-"

      Hapus
  4. Wahh..yang genre begini favorit saya niih..
    Seru ternyata bad guys ini.. sebelum baca ini saya pikir ceritanya tentang ganster2 gitu*ketahuanlah ya diriku orangnya males cari info film/drama... Aihh..panjanglah daftar waiting listku..tapi kalo genrenya kayak gini sih, bisa-bisa ga ngantri niihh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa seruuu...! Tadinya agak pesimis sih pas mau nonton. Soalnya liat SPY kol malesin :D eeh ternyata bukan bandingan sama SPY sih. Drama bergenre polisi2an terakhir aku tonton iti Ghost Phantom nya So Ji Sub. Ttg cyber crime gitu. Suka banget lah. Sok atuh ga usah masukin waiting list..langsung nonton aja ^^ hehe

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Jadi b**kong siapa nih yg mau ditoel??? Btw, Utie tolong tendang jg si jaksa itu yah, kuburannya dah gw gali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh entah deh Ira, pokonya 2 orang sobat genkdrama yang merasa jempole gatel curi2 kasi spoiler itu lah.. apa perlu gue kirim Tae Soo buat mereka??

      Itu Jaksa emang spesialis muka rese yah.. di Innocent Man juga dese ada kan? Jadi pengacara apa manager gitu...

      Hapus
    2. Dia juga maen di Angry Mom. Kayaknya juga tipe-tipe menggunting dalam lipatan gitu, sama kayak di Bad Guys. Entah gara-gara Bad Guys jadi kebagian peran yang gitu melulu, entah emang dari dulu kebagian peran penjahat terus :D

      Hapus
    3. Eh di angry mom ada ji hyun woo juga yah? Cameo?

      Hapus
    4. Bukan cameo. Lead male :D

      Hapus
    5. Kapan tamat?? Hunting dvd nya aaah...

      Hapus
  7. Bacanya postingannya ikut-ikutan tegang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton aja atuh mbak... ga rugi kok ngecengin psikopat ganteng xD

      Hapus
  8. Ini masuk list tapi belum ada kesempatan nonton. Huh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berani bilang kita mau bikin OCN Fansclub atuh Ilmi! -_-" ckckck...

      Hapus
  9. Terima Kasih ATas infonya, bermamfaat dan menambah wawasan.....
    Salam Kenal Dan Salam Sukses.....

    BalasHapus
  10. Ahhh eonn ,aku juga suka sama dtama drama pembunuhan,psikopat,darah-darah,Its fantastic!Aku suka bgt drama ini ,apalagi sama jung mon dan tae so,duh tae soo walau udh tua(?)kok kece bgt ya , aku jadi suka bgtbgt sama dia walau pun botak bukan tipe ku #apaini
    Disini gk ada cewenya ya ?selain inspektur mi young?duh padahal tambah aja cast penjahat cewek gitu biar lebih bagus/?apalagi ceweknya yg jago berkelahi gitu/?ah tak apalah aku tetep suka sama drama ini . Di drama ini aku terharu pas Scene waktu tae soo mau bunuh goo tak dan wong chul mau bunuh jung moon .Duh disitu mereka udh kayak keluarga bgt ya walau mereka pembunuh tp mereka gk tega bunuh patnernya ,duh terharu bgt .dek goo tak bisa bgt ya ngubah mereka yg dulunya "Bajingan tidak punya hati nurani" jadi "Manusia berhati nurani" .Duh kepanjangan coment ,udah ah capek(?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, aku ngefans banget deh sama drama ini. Park Hae Jin maennya cakep disini. Liat dia di drama my love from the star jadi cowok biasa, tau2 jadi psikopat aja di Bad Guys. Beuh. In love deh! Drama2 OCN so far sih seru yah! Meski minim romance :D Dan endingnya kadang2 bikin pengen jambak penulis naskahnya :)) Makasih komennya yah! ;)

      Hapus
  11. Semalem aku baru selesai nonton drama Bad Guys, memang telat banget sich. Kalok nggak ada Park Hae Jin mungkin aku akan ngelewatin drama yang bagus ini. Setuju banget sama reviewnya. Semoga karir Park Hae Jin terus berkibar.

    BalasHapus
  12. Ada lagi kata2 yang ga pernah aku lupain, lupa siapa tokoh yang ngomong.

    "Aku berubah bukan karena bertemu dengan dia, tapi aku bertemu dengan dia karna aku berubah"

    Mengingatkan aku bahwa jodoh itu cerminan dari diri kita, ketika kita bertemu orang yang tidak baik, NGACA, aku udah baik atau belum ��

    BalasHapus
  13. Best of the best action-thriller drama! Walo kluaran taun 2014, tetep asik ditonton berulang2. Best storyline and best casting ever!! Beberapa episode final bahkan sampe bikin saya dag dig dug ga jelas XD Sebentar lagi bakal keluar season 2 nya (on air november 2017).. Dan karena aktor2 pendahulunya uda dalem banget dalam meng-ekspresikan karakter masing2 dan punya chemistry yg kuat banget.. Paling inget ama quote "permintaan maaf adalah apabila kau melakukan kesalahan, tp pembunuhan adalah tindakan kriminal"
    Yah, smoga aja season 2 nya ga kalah keren dari yg pertama :D *Btw salam kenal yaaa

    BalasHapus