Jumat, 30 Oktober 2015

Second Lead Syndrome, Penyakit Ganas Buat Pecinta Drama Korea



Second Lead Syndrome atau biasa disebut dengan SLS adalah penyakit ganas yang menyerang hati dan pikiran untuk mereka yang  kecanduan nonton Drama Korea. Biasanya penyakit ini menjangkiti para kdrama freak ketika drama yang mereka tonton mempunyai plot yang cenderung "menganiaya" second lead male dengan derita cinta yang berujung nestapa. Ciri-ciri orang yang terpapar virus SLS ini adalah biasanya kadar kealayan dan kegalauan meningkat drastis, banyak menebar spam di sosial media terkait dengan drama yang tengah kita tonton, dan mendadak jadi baper abis. Virus SLS ini mengakibatkan patah hati level sedang sampai level hancur menjadi butiran debu. Obatnya sih biasanya drama baru lain yang pemerannya lebih kece dan jalan ceritanya lebih bersahabat buat kesehatan hati. Tapi SLS ini menurut gue ngga bakalan bisa sembuh total, karena suatu saat kita bisa kumat kalo nemu drama dengan gen bawaan virus ini atau elo coba-coba bunuh diri dengan me-rerun lagi drama lama yang pernah bikin lo kena Second Lead Syndrome.

Gue termasuk salah satu pasien yang terpapar penyakit Second Lead Syndrome ini sejak zaman drama Korea belom booming. Gue baru sadar kalo sebenernya udah sejak lama gue mengidap penyakit ini dan virusnya tertidur dalam hati gue loh! Mari kita urutkan riwayatnya ya, beberapa sumber penyakit SLS terparah gue sepanjang hayat.

1. Meteor Garden

Pic Source

Kyaaaa.... jadul banget ga siihhh?? Zaman gue kuliah dan masih pacaran sama bapaknya bocah-bocah ini mah. Dan boleh ngga percaya sih, tapi yang pertama kali menanamkan virus drama ke gue adalah suami gue loh! Hahahhahaha...itulah makanya sekarang dia ngga pernah protes dan mengeluh soal hobby gue nonton drama Korea. Yelaaaahhh, orang dulu dia yang memperkenalkan cowok-cowok sipit ini sama gue! Buahahaha. Dan akhirnya gue inget juga, bahwa Second Lead Syndrome gue pertama kali didapat dari drama ini. Emang siiiihh, waktu itu gue ngeship si Shan Cai  jadian sama Dao Ming Se, tapi Hua Ze Lei si second lead male yang cakep, baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung itu mencuri perhatian banget! Bad boy look-nya emang ada di Dao Ming Se, tapi yang bikin gue klepek-klepek sebenernya adalah Hua Ze Lei. Nih, gue kasih reminder deh, sapa tau ada yang udah lupa kaya apa kecenya doi.

Vic Zhou a.k.a Hua Ze Lei

 2. You're Beautiful

Pic Source

Masih inget dramanya Park Shin Hye, Jang Geun Suk, Jung Yong Hwa dan Lee Hongki yang ini? Ahh, buat para pecinta drama Korea sih gue percaya hampir semua pernah nonton drama ini. Dan siapa disini yang sama-sama kaya gue menahan sakit karena hati ini tercabik-cabik liat cinta Kang Shin Woo (Jung Yong Hwa) bertepuk sebelah tangan?? Si gadis bodoh Go Mi Nyeo (Park Shin Hye) malah suka sama Hwang Tae Kyung (Jang Geun Suk) yang menyebalkan, arogan dan rambutnya anehhhh! Duh, pelissss deh writernim, kalo mau menganiaya second lead male itu  mbok ya lead malenya dibikin super ganteng gituh! Biar kita patah hatinya tenang, yekaaan? Duh, Jung Yong Hwa gue minta di puk-puk banget di drama ini. 

Jung Yong Hwa a.k.a Kang Shin Woo

3. The Heirs

Pic Source

Meskipun The Heirs bukan merupakan salah satu drama terfavorit gue, tapi second lead male disini mencuri perhatian banget! Dan percaya ngga kalo gue nonton drama ini, tapi berhenti di episode terakhir? Hahaha, nanggung banget ga sih, episode terakhir malah males nonton. Jadi sampe sekarang gue ngga tau ini drama endingnya gimana, hihihihi. Pembawa virus SLS disini tak lain dan tak bukan adalah Choi Young Do (Kim Woo Bin). Mian Minoz, tapi gue ngga ngefans sama Lee Min Ho :D Malahan di drama ini gue lebih suka Choi Young Do sama Lee Hyo Shin (Kang Ha Neul).Ngga tau juga sih, kenapa dulu gue nonton drama ini :)) Yang jelas gue shipper Cha Eun Sang-Choi Young Do garis keras!!

4. Reply 1994

Pic Source

So far, drama ini adalah pemicu Second Lead Syndrome gue yang paling parah! (Entah nih dalam 2 minggu kedepan gue masih bisa bilang gini apa ngga). Sepanjang sejarah nonton drama Korea, gue paling bapeeeerrrr gara-gara second lead male drama ini : Chilbong! Sampe mandeg berapa bulan yah gue  ngga bisa move on dan ngga mood buat ngeblog (kaya sekarang rajin aja?! :p)? Pokoknya gue terchilbong akut!!! Sakit hatiiii banget deh waktu si Na Jeong (Go Ara) malah kawin sama si Trash Oppa (Jung Woo), setelah bertebaran clue-clue yang mengarah pada ending Na Jeong-Chilbong (Yoo Yeon Seok). Beneran, bapernya kelewatan banget gara-gara drama ini. Padahal overall, drama ini termasuk drama yang kocak banget loh! Tapi sumpah, ending dan virus Second Lead Syndrome-nya ngga kocak! Ngga sama sekali!
Yoo Yeon Seok a.k.a Chilbong

Di adegan ini gue ikut nangis bergalon-galon!

Setelah penuh perjuangan sampe gue bisa move on dari Reply 1994 dan akhirnya mencoba merelakan Chilbong, gue lumayan lama ngga kena Second Lead Syndrome lagi. Bahkan di drama Who Are You : School 2015, dimana rata-rata temen-temen sesama kdrama freak mengalami SLS parah, gue malah selamet dari penyakit ganas itu! Hahahaha, makasih ya Allah, gue dikasih kesengsem berat sama Han Yi An dan ngga ikut-ikutan ngebaperin Gong Tae Kwang. 

Nam Joo Hyuk a.k.a Han Yi An penyelamat gue dari SLS akut

Tapiiiiii....sepertinya dalam waktu dekat ini gue udah harus mulai mempersiapkan hati gue untuk hancur jadi butiran debu, karena saat ini gue tengah mengalami gajala-gajala Second Lead Syndrome (untuk yang kesekian kalinya dan mungkin akan jadi yang terparah). Siapa disini yang lagi baper, galau dan ngalay abis gara-gara drama yang masih tayang di Korea sono : Sassy Go Go a.k.a Cheer Up? Yup! Drama yang masih tayang di stasiun TV KBS2 ini lagi lucu-lucunya mengobok-obok hati dan memporak-porandakan perasaan gue!

Pic Source

Gue emang paling sukaaa drama bergenre school life! Sebut deh mulai dari Heartstrings, Dream High, School 2013, Reply 1997, High School Love On, School 2015, Angry Mom, sampe yang terakhir ini : Sassy Go Go. Awal-awal nonton drama ini sih ngga kepikiran dan ngga ada gelagat bakalan kena SLS loh, meskipun gue suka banget sama second lead malenya, Seo Ha Joon (Ji Soo) dibanding main lead male-nya, Kim Yeol (Lee Won Geum). So far gue suka aja sih sama chemistry Kim Yeol dan Kang Yeon Doo (Jung Eunji-Apink), malah sempet ngeship mereka juga. Namun, semuanya berubah sejak negara api menyerang sejak gue liat spoileran episode 7-8 yang bertebaran di Instagram dan akhirnya baru kemaren gue sempet nonton kedua episode yang digadang-gadang menjadi pemicu wabah Second Lead Syndrome yang menyebar secara viral itu, hasilnya tentu udah bisa ketebak. Gue baper level Ha Joon. T^T

 


Dan karena drama ini belom tamat, walhasil gue belom tau seberapa parah stadium SLS yang gue idap kali ini. Minta doanya yah manteman, semoga ada keajaiban untuk para second lead male kita ini. Tapi, demi amannya sih gue mulai mempersiapkan hati untuk hancur berkeping-keping pas nonton endingnya entar. Ada yang mau berbaik hati untuk bantu mungutin serpihan hati gue? Kalo ada volunteer-volunteer yang sekiranya berkenan, silakan follow akun Instagram gue dan daftarkan diri anda dengan Like postingan manapun dan tinggalkan komentar. #eh :)))

Ya udah, sekian dulu postingan penuh curcol dan sangat ngga penting dari gue kali ini. Gue mau mengalihkan pikiran dengan nonton drama yang lain. Dan mohon maaf sebelumnya, kalo mungkin dalam waktu 2 minggu kedepan gue menghilang dari peredaran di dunia maya, berarti gue tengah berkubang dalam lautan nestapa, berjibaku dengan penyakit Second Lead Syndrome terakut yang pernah gue alami dan menangisi Ha Joon yang dianiaya penulis naskah, sutradara, dan takdir. (KAYA BAKALAN ADA YANG NYARIIN AJA!)


29 komentar:

  1. Lo kualat sama gue di School 2015, ohohohohohohoho..
    No.1-3 kita sama. Tapi gue juga suka Jang Geun Suk sih di You're Beautiful, jadi nggak terlalu masalah. Paling parah buat gue emang The Heirs. Sialan tuh writernim (-_-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. No. 4 lo ga nonton sih. Curang! Gue suka Jang Geun Suk sih, tapi disitu rambutnya ga banget :))))
      Iyaa..gue kualat gegara Gong Tae Kwang T^T Miaaaan Tae Kwang, abis gimana dong hati gue 100% buat Han Yi An.

      Hapus
  2. Siapa bilang ini postingan ga penting? Penting kok. Penting banget malahan! Bhahaha
    Dan itu sama semua ya ampun. SLS emang selalu berhasil mencabik2 hati. Tapi yang terakhir kayaknya bakalan beda, hati gue tetep buat Kim Yeollllllllllll.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kaum kita mungkin penting :)) Emang nih SLS buat kita menyiksa banget! Mari jambak rame2 chakhanim sama PDnim nya!!!
      Cobaaaa yah kita liat, perahu mana yang akhirnya berlabuh! Tetep ngeship #JoonDoo :D *harapan itu selalu ada* Hehe

      Hapus
  3. Haha.. tadinya diawal saya berpikir kalau saya gak kena sindrom ini, setelah baca lebih jauh saya harus mengaku, saya ternyata ngalamin juga, sama banget, dimulai dari meteor garden n you're beautiful, dilanjutin sunkyunkwan scandal, reply 1994 saya belum nonton habis, gara-gara subnya gak cocok sama videonya..huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho.. ternyata kita menyimpan virus SLS ini yah dalem hati sejak jaman shan cai dibully dao ming se :)) Sungkyukwan scandal aku baru inget loh, ternyata ga sampe tamat juga nontonnya! :)))))
      Ah, reply 1994 itu sampe stadium 4 level SLS-nya! :D

      Hapus
  4. Kali ini aku pilih ngepukpuk Yonghwa :D
    Mau nembak udah dpn mata tp g jadi. Duhhhh cintanya layu sebelum berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Yong Hwa emang pukpukable banget di you're beautiful :D Kurang apaaaa coba dia? Cakep udah, baik udah... writernimnya kurang pikniikk..

      Hapus
  5. Yup, kali ini aku team Kim Yeol. Fushion sama Nok, hohohoho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baruuu aja liat preview eps.9 dan tingkat kegalauan gue meningkat drastis. T^T
      SLS kali ini beraaaattt sodara-sodara...

      Hapus
  6. Gue tieeee... gue nyariin elo! buat bales perbuatan lo ke Sungjae Gueeeee... *menari2 diatas penderitaan utie* muahahahaha...

    BalasHapus
  7. Gue jg terjangkiti virus SLS ini tie.
    Gue sekarat waktu si chilbong dan Woobin di anggurinn.
    Tp untuk Kali ini gue berdiri di kubu kim yeol, ti. maaf mak, lo sendiri kali ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miaaaan Maaak..abis gemana, gue kepincut Han Yi An... Jadiii kali ini gue menghibur si Ha Joon sendiri niiih? Ga papa laaaaahh... *lalu merenung dipojokan wese*

      Hapus
  8. Duh banyak yg sama nih.. mulai dr Kang Shin Woo - Young Do - Hyo Shin - Chilbong sampe Han Yi An ! cuma Cheer Up blm di kasih hati bwt kepoin nih hihihi

    aku sih penganut aliran SLS garis keras ! kecuali klo First Lead nya aktor fave aku yg main.. jd gamang2 banyak lah -_-

    SLS aku yg terparah sih.. si abang Jang Joon Ha ( can you hear my heart) .. udh hidupnya menguras air mata eh msh di bikin patah hati juga 😭 *cekek SWnim nya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beneran kualat dari si Gong Tae Kwang nih karena ngeship YiBi -__-" Ayooolaaaahhh nonton Cheer Up!!!! I'm all alone here niih... Semua orang ngeship Yeol-Doo!!! Ntar aku mungutin serpihan hati sama sapaaaa doonkkk T^T
      Emang yah writernim sama pdnim drakor semua raja/ratu tega!! *mari kita cekek bareng2*

      Hapus
  9. pukpuk bang yonghwa & woobin ._./
    pasien SLS ikutan nimbrung juga^^
    Salam kenal ya mbak Utie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiikkk...bangsal di RS khusus pasien SLS penuh deeeh :D Salam kenal juga ya ^^

      Hapus
  10. takjub.. kok bisa hapal nama-namanya ya.. hihihi.. secara menurut saya mah itu namanya susah banget dihapalnya.. asa belibet dan ketuker2.. walo ngefans ama siapa tuh yang main healer, tetep ga hapal namanya.. siapa tuh yah can wook? chan wu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..sebenernya sama aja sih Mbak..Emang agak ribet nama2 mereka tuh. Akupun yang hapal cuma yang aku suka ajah. *masalahnya yg aku suka banyak!* Hahahaha...
      Btw, si Healer itu Ji Chang Wook, Mbaaakk xD

      Hapus
  11. Lagi kena sls juga iseng browsing ternyata ga sendirian yg terjangkit penyakit ini ������

    BalasHapus
  12. Lagi nyari artikel drama yg 2nd male nya jadian sm 1st female (haha aneh ya??) ehh malah nemu ini, sumpah ya mbak,apa kita ini ditakdirkan tapi dari yang mbak tulis semuanya sama kayak apa yg aku rasakan, bahkan bagian school 2015 juga aku malah dukung 1st male nya nam johyuk sama kim so hyun. Huhu kalo aku setiap drama kebanyakan suka sama 2nd male terus kan baper nya jadi kebangetan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kan mbaaakk..Itu Reply 88 choi taek jadi sama duksun. Meski ga jelas sih sapa lead malenya.. hahaha..

      Iihh.. kita satu selera kayanya... Kadang pesona sekenlid tuh lebih menggoda dr main lead ya xD

      Hapus
  13. Assalamualaikum. Salam kenal mba utie. Saya terdampar diblog ini gegara searching sinopsis serial the king's face. Saya termasuk pecinta drakor yang rela begadang sampe subuh demi tamatin serial korea. Skrg saya lg suka banget serial saimdang sama strong women do bong soon. Serasa ketemu blog yang cucok dihati. Hihihi. Over all salam kenal ya mak.
    Dyna di Aceh...

    BalasHapus
  14. Seneng nemu blog ini. Ada temen senasib, sejak jaman suka drakor selalu salah fokus sama cowo kedua yg tertindas. Malam ini baru selsai nntn reply 1988, yah seperti biasa abis nntn patah hati level hancur. Mau lanjut school 2017 nih udah mencium bau2 bakal 2nd lead syndrome. Nikmati aja ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kkk.. sls tuh paling ga enak, cheese in the trap aku kena sls juga. Tp mian, reply 88 aku team taek xD
      Akhir2 ini banyak lolos dr jeratan sls.. Scarlet Heart, the Best Hit ga kena sls juga :D

      Btw school 2017 ngeship siapa emang? Eun Ho-Dae Hwi?

      Hapus
  15. aaa baru 4 eps aku sudah kena SLS , drama apakah itu, yups Drakor berjudul GO BACK COUPLE yang masih on going,, sumpahh ini bakal buat SLS bgt hiksssss

    BalasHapus
  16. eeeh tapi nggak tau kenapa... kalo aku tipenya cenderung malah agak gak bisa simpatik sama second lead male wkakakkakaa
    aku selalu condong ke lead male doang dan selalu gitu hahaha jadi aku gak kena syndromenya, alhamdulillah sih ya wkakakka

    BalasHapus